Cara kerja mesin printer toner cartridges

No comments
Cara kerja mesin printer toner cartridges

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai cara kerja mesin printer toner catridges. Pada era bebrapa tahun yang lalu, kita masih mengenal jenis printer dot matrix atau yang memiliki sistem kerja seperti mesin ketik. Prinsip kerja mesin itu dengan menggunakan jarum dalam print head untuk mengetuk pita dan membuat cetakan pada halaman kertas. 
printer toner cartridges

Setelah beberapa tahun kemudian muncul jenis printer baru dengan mengusung printer inkjet yang memiliki sistem kerja yang lebih rumit. Dengan cara menyemprtokan tinta yang keluar dari nozel pinter pada kertas. Untuk cara kerjadari mesin printer laser ini hampir mirip dengan mesin stensil karena cara kerjanya mesin stensil menjadi dasar bagi prinseip kerja printer laser ini. Yaitu dengan cara halaman – halaman pada sebuah mesin stensil ini dicetak pada lembaran master yang telah menempel pada silinder putar. Saat kita memutar pegangan maka silinder putar itu tadi mentransfer gambar ke dalam dokumen. 

printer toner cartridges


Cara kerja mesin printer toner laser ini tidak jauh berbeda dengan prinsip kerja tersebut hanya ada perbedaan yaitu gambar pada printer laser ini dibuat dengan laser yang bermuatan listrik.
Untuk tahap pertama, komputer mengirimkan data pada printer. Kemudian printer mengirimkan kode pada garis stroke pin 1 untuk paralel yang menyatakan bahwa telah siap untuk menerima data. Printer laser ini masuk dalam kategori jenis printer halaman, karena printer ini melakukan penyusunan seluruh halaman dalam internal memori printer dan kemudian ditarsfer ke dalam kertas. Bagian terpenting dalam printer laser ini adlaah OPC dru, yaitu sebuah silinder yang terbuat dari material aluminium dan sudah dilapisi dengan bahan yang peka terhadap cahaya. Dalam data internal memori pada printer tersebut dituliskan pada drum dengan menggunakan laser. Dan selanjutnya paper feed roller melakukan penarikan kertas. 

Dalam cartridge sudah ada roll magnet yang memiliki fungsi untuk mengambil toner dari tempat penyimpanan. Setelah data tadi ditransfer ke dalam kertas, maka kertas berjalan melewati fuser berbentuk roll. Roll fuser merupakan silinder antilengket yang berfungsi memanaskan hingga 355 derajat fahrenheit agar toner pada kertas dapat meleleh. Semoga artikel tentang prinsip dan cara kerja mesin printer toner cartridges ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

No comments

Post a Comment

Category

Subscribe Now and Get Our Latest Articles Delivered to Your email Inbox

facebook