Cara kerja mesin rotary dryer

No comments

Cara kerja mesin rotary dryer


Pada artikel kali ini akan membahas mengenai cara kerja mesin rotary dryer. Mesin rotary dryer atau yang lebih popular dengan drum dryer merupakan suatu alat pengering dengan bentuk drum yang berputar. Drum yang berputar tersebut secara terus – menerus dipanaskan dengan tungku atau gasifier. Alat pengering ini dapat juga bekerja dalam aliran udara melalui poros silinder suhu 1200 hingga 1800 derajat Fahrenheit. Akan tetapi mesin pengering ini seringnya hanya memanaskan hingga suhu 400 hingga 900 derajat Fahrenheit saja. 

Mesin rotary dryer ini sudah sangat popular di dunia industry karena proses pengeringan dari mesin ini jarang mengalami kegagalan baik dari segi kualitas akhir atapun kuantitasnya. Namun sejak terjadi musibah kelangkaan bahan bakar minyak dan gas, teknologi rotary dryer ini mulai dikembangkan agar bisa seiringan dengan teknologi bahan bakar bahan bakar lain, seperti batubara, gas sintetis dan lain sebagainya. 

Mesin pengering rotary dryer ini sering digunakan untuk melakukan pengeringan terhadap bahan bubuk, gumpalan partikel, granula, dan gumpalan padat yang kesemuanya dalam ukuran besar. Pemasukan dan pengeluaran bahan – bahan tersebut dilakukan secara otomatis dan berkelanjutan akibat dari gerakan penggetar, gerakan berputar, putaran lubang umpan dan gaya gravitasi. Sumber panas pada mesin ini berasal dari uap listrik, gas , batu bara dan minyak tanah. Debu hasil rotary dryer ini dikumpulkan dengan alat scrubber dan penangkap air elektrostatis.

Sistem kerja pengeringan pada mesin rotary dryer ini dilakukan sistem pemutaran secara berulang kali, sehingga yang mengalami proses pengeringan tidak hanya bagian atas saja melainkan seluruh bagian atas dan bawah secara bergantian. Sehingga pengeringan yang dilakukan mesin ini lebih merata dan lebih banyak mengalami proses menyusutan. Selain itu mesin rotary dryer ini mengalami proses pengeringan berulang – ulang selama hampir satu jam tanpa dihentikan proses pengeringannya. 
 rotary dryer
Cara kerja mesin rotary dryer

Mesin pengering ini terdiri atas beberapa unit silinder, dimana bahan yang basah akan masuk pada ujung yang satu dan bahan kering akan keluar di ujung yang lain. Proses pengeringan itu terjadi ketika bahan sudah dimasukkan dalam tabung silinder yang kemudian di putar secara bersamaan. Karena itulah aliran panas dapat mengalir dan terkontak dengan bahan tersebut. Semoga artikel tentang mekanisme kerja mesin rotary dryer ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

No comments

Post a Comment

Category

Subscribe Now and Get Our Latest Articles Delivered to Your email Inbox

facebook