Mesin Diesel

2 comments

Cara kerja Mesin Diesel

Pada artikel kali ini akan membahas bagaimana cara kerja mesin diesel. Beberapa kendaraan di dunia ini masih ada yang menggunakan mesin diesel. Kendaraan – kendaraan yang tetap mempertahankan mesin diesel biasanya merupakan kendaraan yang membutuhkan tenaga hasil pembakaran yang besar seperti truk, bus, kereta api, kapal laut, buldozer, mobil penumpang dan masih banyak jenis kendaraan lain. 

Cara kerja Mesin Diesel
Mesin Diesel

Pada dasarnya prinsip cara kerja mesin diesel itu sederhana, yaitu merubah energi kimia menjadi energi mekanik. Energi kimia tersebut didapatkan dari melalui suatu proses pembakaran bahan bakar solar dan udara atau oksidiser di dalam silinder ruang pembakaran. Pada mesin diesel, terdapat sebuah ruangan yang memang dibuat khusus agar di dalam ruangan tersebut terjadi peningkatan suhu hingga mencapai temperatur tertentu yang dapat membakar bahan bakar tersebut. Ruangan khusus tersebut dimampatkan sehingga di dalam ruangan itu memiliki tekanan dan suhu yang sangat tinggi.

Mesin Diesel
Mesin Diesel

Cara kerja dari mesin diesel dalam konteks yang sederhana adalah sebagai berikut, bahan bakar solar tadi yang sudah mengalami pencampuran dengan udara disemprotkan ke dalam sebuah ruangan pemampatan atau disebut juga ruang pembakaran. Dengan suhu yang sangat tinggi mampu membakar bahan bakar tadi yang telah disemprotkan sehingga mengakibatkan terjadinya penyalaan dalam ruang bakar. Penyalaan tersebut menghasilkan sebuah ledakan yang akan mendorong piston dan mampu menggerakkan poros  - poros roda kendaraan ataupun mesin. Kekuatan untuk mendorong piston ini biasa disebut dengan tenaga, dan tahap ini berlangsung berulang –ulang pada sistem pembakaran tersebut dan hasil tenaga tersebut dimanfaatkan untuk menggerakkan generator listrik, kendaraan dan lain sebagainya. 
Mesin Diesel
Mesin Diesel
Di indonesia ini, penggunaan mesin diesel masih belum populer karena kebanyakan orang menganggap mesin diesel ini menghasilkan hasil pembakaran asap hitam yang pekat. Padahal sebenarnya, asap hitam yang pekat ini merupakan hasil ulah pemilik kendaraan itu sendiri dengan merubah atau memodifikasi knalpot dari mobil dieselnya. Sedangkan di negara eropa, penggunaan kendaraan dengan mesin diesel sangat populer, seperti pada mobil penumpang, bus, truk bahkan pada mobil sedan sekalipun. Di negera – negara eropa ini, pemilik mobil tidak merubah mesin diesel pada mobilnya sehingga tidak mengeluarkan asap hitam dan tidak berisik, malah justru sebaliknya mesin diesel ini perawatannya mudah dan ramah lingkungan. Semoga artikel tentang cara kerja mesin diesel ini bermanfaat bagi pembaca.

2 comments

  1. nice info
    www.titianmc.co.id
    infoahlik3.wordpress.com

    ReplyDelete
  2. Saya akan sangat merekomendasikan layanan pendanaan meridian Le_ kepada siapa saja yang membutuhkan bantuan keuangan dan mereka akan membuat Anda tetap di atas direktori tinggi untuk kebutuhan lebih lanjut. Sekali lagi saya memuji diri sendiri dan staf Anda untuk layanan luar biasa dan layanan pelanggan, karena ini merupakan aset besar bagi perusahaan Anda dan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan seperti saya. Semoga Anda mendapatkan yang terbaik di masa depan. Layanan pendanaan meridian adalah cara terbaik untuk mendapatkan pinjaman mudah, di sini ada email .. lfdsloans@lemeridianfds.com. Atau bicara dengan Mr Benjamin On WhatsApp Via_ + 1-989-394-3740 Terima kasih telah membantu saya dengan pinjaman sekali lagi dalam hati yang tulus, saya selamanya bersyukur.

    ReplyDelete

Category

Subscribe Now and Get Our Latest Articles Delivered to Your email Inbox

facebook