Cara kerja mesin ball mill

No comments

Cara kerja mesin ball mill

Pada artikel kali ini akan membahas tentang cara kerja dari mesin Ball Mill atau mesin grinding. Mesin ball mill merupakan jenis mesin yang digunakan untuk melakukan proses grinding pada suatu material. Dengan mesin ini dapat merubah suatu bahan material yang sangat keras menjadi serbuk. Mesin ball mill sendiri dapat merubah suatu bahan apapun dan menjadikannya butiran serbuk. 
cara kerja

Pada umumnya mesin ball mill ini digunakan pada industri – industri besar. Sampai saat ini mesin ball mill sudah banyak diproduksi dengan spesifikasi yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan para konsumen. Secara luas mesin ball mill ini banyak digunakan pada perusahaan semen, kimia, perusahaan bahan tahan api, galangan batu, besi, porselen, pupuk, kaca dan lain –lain. 

Sistem kerja mesin ball mill ini yaitu dengan menghancurkan material – material dengan sistem tumbukan bola pada dinding. Pada mesin ball mill ini sendiri menggunakan dua sistem langkah penggilingan yaitu sistem basah dan sistem kering selain itu mesin ini menjadi produk utama pada industri penggilingan.


Mesin ball mill memiliki bentuk tabung dengan dua tempat penyimpanan dengan desain horizontal. Untuk bagian luar, mesin berjalan pada dua roda yang terpasang di kedua sisinya. Bahan material yang akan digiling secara spiral masuk pada tempat penyimpanan pertama. Pada tempat penyimpanan tersebut sudah terpasang ripple scaleboard dan juga steel ball yang memiliki bermacam spesifikasi. 

Saat mesin ball mill ini berkerja, bagian tubuh barel akan berputar. Dengan berputarnya tubuh barel ini maka steel ball ikut terbawa karena gaya sentrifugal yang tercipta dan kemudian terjatuh dan membuat material yang di dalam mesin ini tergiling. 

Sesuai dengan proses yang ada pada tempat penyimpanan pertama, setelah bahan tadi mengalami proses penggilingan maka material hasil gilingan masuk lagi pada tempat penampungan kedua. 

Di tempat penampungan yang kedua ini, material tadi kembali menjalani proses penggilingan dengan scaleboard dan steel ball. Setelah proses penggilingan kedua ini selesai, maka bubuk hasil akhir kerja mesin ball ini dibawa ke tempat penampungan kahir dan dimulai dengan proses yang pertama lagi untuk bahan selanjutnya. Semoga artikel tentang cara kerja mesin ball mill ini bisa bermanfaat bagi pembaca.

No comments

Post a Comment

Category

Subscribe Now and Get Our Latest Articles Delivered to Your email Inbox

facebook