Cara kerja mesin electricity generator

1 comment

Cara kerja mesin electricity generator
Pada artikel kali ini akan membahas bagaimana cara kerja dari mesin electricity generator atau yang biasa disebut dengan Generator set. Generator sendiri merupakan suatu alat yang prinsip kerjanya menggunakan asaa percobaan faraday. Percobaan tersebut berisi perputaran magnet dalam kumparan atau sebaliknya, ketika magnet tersebut digerakkan dalam kumparan maka akan terjadi sebuah perubahan gaya fluks magnet atau yang sering disebut dengan perubahan arah persebaran medan magnet. Perubahan gaya tersebut terjdi di dalam kumparan dan tegak lurus menembus kumparan tersebut hingga menyebabkan beda potensial pada ujung–ujung kumparan tersebut dan menimbulkan aliran listrik. 
electricity generator
Cara kerja mesin electricity generator

Syarat utama agar generator set ini dapat menghasilkan listrik yaitu harus ada perubahan pada fluks magnetiknya. Jika tidak ada perubahan pada arah persebaran medan magnet tersebut maka tidak akan terjadi gaya listrik. Cara menghasilkan fluks pada medan magnet tersebut adalah dengan cara menggerakkan magnet dalam kumparan ataupun sebaliknya dengan sumber energi lain. Sumber energi lain tersebut bisa berupa kincir air atau angin yang dapat memutar baling – baling dari generator tersebut agar bisa menggerakkan medan magnet.
electricity generator
electricity generator

Untuk cara kerja dari generator elektronik ini yaitu mengubah tenaga mekanis menjadi energi listrik dengan proses induksi elektromagnetis. Energi mekanis pada generator ini diperoleh dari prime mover. Generator sendiri terpasang pada satu poros dengan motor diesel yang pada umunya menggunakan alternator. Apabila suatu penghantar listrik bergerak dan memotong medan magnet maka akan timbul suatu beda potensial pada ujung – ujung konduktor tersebut. Beda potensila tersebut akan naik bila mendekati medan magnet dan kan turun bila menjauhi medan magnet. Sehingga menghasilkan litrik arus bolak balik yaitu dengan skema positif – nol – negatif – nol atau arus AC. 

Sedangkan pada generator DC berfubgsi untuk membalikkan arah arus beda potensial negatif dengan menggunakan mekanisme cincin belah. Sehingga menghasilkan arus searah atau DC dengan skema positif – nol - positif – nol. Perbedaan generator AC dan DC yaitu pada generator arus bolak – balik menggunakan prinsip comutator sedangkan pada generator arus searah menggunakan prinsip slip ring. Semoga prinsip dan cara kerja dari electricity generator ini bisa bermanfaat bagi pembaca.



1 comment

Category

Subscribe Now and Get Our Latest Articles Delivered to Your email Inbox

facebook