Cara Kerja Mesin Crusher

Cara Kerja Mesin Crusher

pada artikel kali ini akan membahas cara kerja mesin crusher. Mesin crusher sendiri merupakan mesin penghancur yang digunakan untuk menghancurkan atau mereduksi ukuran dari suatu material. Setiap jenis material memiliki bentuk dan karakteristik yang berbeda sehingga membutuhkan jenis dari mesin penghancur yang sesuai dengan karakteristik material tersebut. Mesin crusher sendiri dapat dibentuk dan dirancang sesuai dengan jenis material yang akan dihancurkan dengan mesin ini. Berikut ini adalah jenis – jenis mesin crusher dan cara kerjanya:
Mesin Crusher

Mesin Crusher


Jaw crusher merupakan jenis mesin penghancur yang paling umum, mesin crusher ini memiliki cara kerja yaitu dengan menghimpit dan menekan material hingga hancur. Mesin ini juga biasa digunakan untuk menghancurkan jenis batuan yang keras seperti batu kali, batu pegunungan, batu emas dan batu besi.  Sistem kerja dari jaw crusher ini sangat bergantung pada ukuran roda gilanya dan kekuatan pada shaft karena kedua komponen ini sangat urgen bagi kinerja mesin ini. Untuk proses penambangan yang membutuhkan mesin ini, jaw crusher membutuhkan bantuan peralatan lain karena tidak bisa berdiri sendiri.

Impact crusher adalah jenis mesin crusher yang menggunakan sistem pukul rotary dengan kecepatan rpm yang sangat tinggi. Jenis mesin crusher ini biasa digunakan untuk menghancurkan batuan kali ataupun batu gunung dengan ukuran material yang dihancurkan tidak terlalu besar dan menghasilkan material yang lebih kecil dengan ukuran yang hampir sama. Mesin crusher ini biasa digunakan untuk produksi abu batu untuk bahan baku aspalt kering dan pembuatan paving blok.


Roll crusher merupakan jenis mesin crusher yang menggunakan sistem kerja gilas rotary dengan kecepatan rpm yang relatif lebih rendah daripada impact crusher. Kecepatan rpmnya sekitar 300 rpm dan mampu menghasilkan produksi yang jauh lebih besar. Untuk kinerja dari mesin roll crusher ini sangat bergantung pada jenis dan kualitas bahan gigi gilasnya, ukuran roda gila dan shaft yang kesemuanya itu harus disesuaikan dengan ukuran raw material dan target  hasil produksinya. Penggunaan roll crusher ini banyak digunakan di dunia pertambangan untuk menghancurkan batuan dengan raw material yang cukup rendah seperti batu bara,  batu semen, kapur dan batu tembaga. Mungkin tiga jenis mesin crusher ini dapat menunjukkan cara kerja dari mesin crusher itu sendiri, karena prinsip kerja mesin ini bergantung pada jenis dan  karakteristik bahan yang akan dihancurkan.


Description: Cara Kerja Mesin Crusher
Rating: 4.5
Reviewed by: Unknown
On: 1:55 AM
TOP