Cara Kerja Mesin 4 Tak


Cara Kerja Mesin 4 Tak


Pada artikel kali ini akan membahas cara kerja mesin 4 tak dimana pemakaian mesin ini sudah umum pada setiap kendaraan. Mesin 4 tak sendiri merupakan mesin pembakaran yang menjalankan satu siklus pembakaran dengan empat langkah piston. Pada saat sekarang mesin pembakaran yang terdapat pada mobil, truk, sepeda motor, kapal, pesawat terbang, alat berat dan sebagainya sudah menggunakan mesin dengan empat langkah ini. Maksud dari sistem empat langkah tersebut yaitu dalam satu siklus pembakaran terdapat proses langkah penghisapan atau pemasukan, langkah kompresi, langkah tenaga dan langkah pembuangan. Langkah – langkah tersebut membutuhkan dua kali putaran poros engkol dalam tiap satu siklus mesin diesel atau bensin.
Cara Kerja Mesin 4 Tak
Cara Kerja Mesin 4 Tak

Untuk sistem kerja mesin 4 tak yang pertama yaitu dimulai dengan proses langkah intake atau penghisapan. Proses intake ini pertama kali dimulai dengan penghisapan dari karburator melalui piston karena karburator tidak cukup mampu menyemprotkan bahan bakar untuk menjadi pasokan. Untuk cara kerjanya adalah sebagai berikut, piston pada awalnya berada di atas atau biasa disebut juga titik mati atas, kemudian piston tersebut menghisap bahan bakar yang sudah bercampur dengan udara di karburator. Piston kemudian mundur untuk melakukan penghisapan bahan bakar, untuk membuka karburator dibutuhkan valve inlet atau klep yang akan membuka secara otomatis saat posisi piston sudah menurun ke bawah dan saat penghisapan dari arah bawah.
Kerja Mesin 4 Tak
mesin 4 tak

Langkah kedua dari kerja mesin 4 tak ini adalah kompresi, langkah ini merupakan lanjutan dari langkah intake. Pada saat piston sudah mencapai posisi bawah, valve intake mengalami penutupan dan dilakukan proses kompresi yaitu sebuah proses dimana bahan bakar yang sudah ada di ruang bakar mengalami pemampatan. Kedua ruangan sudah tertutup dengan rapat karena valve intake dan exhaust sudah tertutup. Proses kompresi ini terus berjalan hingga proses meledaknya busi. Langkah ketiga adalah pembakaran yaitu proses dimana busi pada titik tertentu akan meledak setelah piston bergerak menuju titik mati.  Dan langkah terakhir yang dilakukan setelah langkah pembakaran adalah pembuangan atau exhausting. Pada tahap ini, piston yang telah mengalami proses pembakaran akan terdorong masuk ke titik paling bawah. Setelah piston terdorong ke depa, gas buangan akan masuk ke exhaust port dan ruang pembakaran akan bersih lagi. Mungkin ini cara kerja dari mesin 4 tak, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi penikmat otomotif

berikut ini saksikan video Cara Kerja Mesin 4 Tak



Description: Cara Kerja Mesin 4 Tak
Rating: 4.5
Reviewed by: Devi D
On: 2:36 AM
TOP